Belahan Hati: Resep sederhana untuk flu

14 Oktober 2008

0

Resep sederhana untuk flu

Buat temen-temen yang sering banget flu ato sudah ada tanda-tanda mo flu, saya berbagi pengalaman sebagai pertolongan pertama sebelum bener-bener flu:

1. Biasanya kalo stamina lagi down, diawali dengan badan rasanya capek semua, persendian dan otot rasanya kaku. Ada baiknya melakukan pemijatan ringan, karena setidaknya aliran darah menjadi lancar.

2. Kalo ga sempet dan ternyata bahu menjadi sakit dan berat, ada baiknya melakukan perenggangan otot dengan gerakan fokus ke bahu dan leher. Tapi kalo merasa belum sreg bener, pemijatan ringan bisa dilakukan, biasanya dibahu dengan gerakan memutar dan arahnya lebih ke leher (katanya sebagai pusat syaraf juga). Untuk temen-temen yang suka tidur miring ke kiri ke kanan, biasanya otot lengan ato punggung merasakan ga enak banget.. pemijataannya tetep dengan fokus ke dalam (bukan kearah lengan). Biasanya ada benjolan kecil, nah titik itu yang dipijit ringan, sampai tidak ada benjolan lagi.

3. Untuk teman-teman yang ngerasa mo ambruk staminanya disarankan minum vitamin terutama vitamin C dosis tinggi.

4.Untuk temen-temen yang udah rasa flunya sampe di hidung, ada 3 pijatan diawali dari alis dan diurut ke pelipis. Aga sakit, bahkan paling parahnya sampe keluar airmata, cuman ditahan aja. Jangan terlalu keras memijit, dan paling lama 2 menit, setelah itu istirahat baru diulang kembali jika masih terasa berat.
Pijatan kedua, dimulai hari hidung dibawah kantong mata, diurut sampai ke pipi. Pelan-pelan dan jangan terlalu ditekan. Ulangi beberapa kali. Yang terakhir, pijat dimulai dari pangkal alis diurut sampai dahi dengan gerakan keatas.

5. Kalo sudah dilakukan pemijatan masih tetep berat, usahakan makan bakso ato sup atau yang mengandung bawang putih yang banyak. Karena konon bawang putih juga sebagai antibiotik alami apalagi ditambah sambel yang pedes. Top banget deh...

6. Kalo sampai ke tahap suara hilang atau serak, bisa coba ambil seiris jeruk nipis dicampur dengan 1 sendok teh kecap manis. Ramuan ini tidak disarankan ke temen-temen yang punya sakit maag. Mengenai rasa sih, enak seger gimana gitu..... campur-campur... apalagi kalo pas mendarat di bagian mo tenggorokan yang terasa gatel....

7. Kalo dah parah, lebih baik ke dokter dan minum obatnya sampai habis.

Selamat mencoba ya... semoga berguna....

0 komentar: